Pendahuluan

Gambar: Kebiasaan Membaca Al-Qur’an menutun untuk berahlak baik
Membaca Al-Qur’an adalah ibadahyang diperintahkan Allah swt untuk hamba-nya. Perbuatan tersebut merupakan amal sholeh yang menuntun kita untuk berperilaku dan berahlak baik. Apakah kamu sudah sering membaca Al-Qur’an? Setiap kapan kamu membacanya?. Cobalah kamu perhatikan setiap terjemahannya dan coba pahami serta renungkan setiap makna yang disampaikan. Tentu isinya penuh dengan makna yang menuntun kita untuk menjadi orang yang baik, sekaligus membuat kita lebih dekat kepada Allah swt.

Sebagai muslim kita diwajibkan beriman kepada Al qur’an sebagai kitab Allah swt dengan cara-cara yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Al-Qur’an adalah kitab Allah swt yang terakhir sebagai penyempurna dari kitab-kitab Allah swt sebelumnya. Hal ini berarti kitab Allah swt yang diturunkan kepada rasul-Nya tidak hanya Al-Qur’an saja, ada beberapa kitab Allah swt yang sudah ada sebelum diturunkan-Nya Al-Qur’an. Nabi Muhammad SAW sebagai tauladan ummat akhir zaman memberi contoh bagaimana beriman kepada kitab-kitab Allah swt itu.

Tahukah kamu apa maksud dari beriman kepada kitab-kitab Allah swt? Apakah artinya mempercayai bahwa bahwa Allah swt menulis sebuah kitab? Kitab-kitab apa saja yang diturunkan Allah swt kepada Rasul-Nya? Bagaiman cara mengimani kitab-kitab Allah swt itu? Kitab-kitab tersebut berisi firman-firman Allah swt yang diturunkan kepada para Rasul-Nya sebagai petunjuk dan panduan bagi umat manusia. Ikuti pelajaran berikut ini!