Nama Kitab dan Rasul Penerima

a. Kitab dan Suhuf

 

Sebelum kita masuk pada uraian materi mengenai Nama Kitab dan Rasul Penerima, maka marilah kita pahami terlebih dahulu apa kitab tersebut. Apakah kamu sudah tahu apa itu kitab yang dimaksud di dalam agama Islam?

 

Kitab merupakan tuntunan awal dan keyakinan bagi suatu agama. Dalam Islam kitab mempunyai dua arti, yang pertama perintah dan yang kedua berarti tulisan di atas kertas. Biasanya yang sering dipakai adalah arti yang pertama. Suhuf atau sahifah artinya wahyu yang diterima oleh nabi-nabi dan rasul Allah swt yang dikumpulkan, yaitu semacam lembaran atau brosur-brosur kecil. Kumpulan suhuf itulah yang dinamakan kitab, bentuknya lebih besar dari suhuf. Kadang-kadang suhuf diartikan juga dengan kitab. Para rasul Allah swt yang menerima suhuf-suhuf tersebut ialah Nabi Ibrahim Alaihi Salam dan Nabi Musa Alaihi Salam.

 

Kitab Allah swt adalah kumpulan firman Allah swt yang dituliskan. Kitab Allah swt diturunkan kepada para rasul Allah swt dengan perantaraan malaikat Jibril untuk disampaikan kepada umat manusia. Pada awalnya kumpulan firman Allah swt belum tertulis. Kemudian, para sahabat Rasul menuliskannya pada lempengan batu, kulit, dan tulang.

Gambar: Perbedaan Kitab dengan Suhuf

Dalam Al Quran disebutkan bahwa terdapat empat buah kitab Allah swt, yaitu Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa Alaihi Salam, Zabur kepada Nabi Daud Alaihi Salam, Injil kepada Nabi Isa Alaihi Salam, dan Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, kita harus beriman kepada kitab-kitab Allah swt tersebut. Allah swt membenarkan bahwa Taurat dan Injil sebagai Firman Allah swt, namun kitab injil yang dimaksud adalah kitab injil yang murni yang di dalamnya mengandung kebenaran bahwa Nabi Isa Alaihi Salam (Isa Al Masih) adalah seorang nabi yang membawa agama tauhid dan bukan sebagai anak Tuhan.

b. Kitab-kitab Allah swt dan Rasul Penerima

 

Ada 4 kitab yang diturunkan oleh Allah swt ke dunia ini. Allah swt juga memberikan nama-nama untuk kitab-kitab-Nya tersebut. Secara berurutan mulai dari yang tertua keempat kitab yang wajib kita imani adalah :Taurat, Zabur, Injil, dan al-Qur’an.

 

Klik tombol-tombol pada uraian materi berbentuk interaktif berikut ini: