Demokrasi

HAMDAN WAHYUDDIN, S.Pd. SMA Plus Negeri 17 Palembang

Pendahuluan

Assalammualaikum wr. Wb, salam sejahtera. Alhamdulillah kalian sudah berada di kelas XI, kalian tentunya senang dengan semua yang telah di capai saat ini. Itu semua tentu saja merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang harus kalian syukuri. Salah satu bentuk rasa syukur kalian adalah dengan senantiasa meningkatkan semangat belajar, sehingga dapat memperoleh prestasi yang lebih baik lagi. Jangan lupa juga kalian harus senantiasa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan sungguh-sungguh setiap akan memulai dan mengakhiri aktivitas sehari-hari termasuk kegiatan pembelajaran.

Sebelum menguraikan lebih luas, mari kita pelajari terlebih dahulu deskrispi singkat dari setiap materi modui pada bab ini.


Demokrasi.

Demokrasi berasal dari bahasa Yunani yang diambil dari kata Demokratia yang berarti “kekuasaan rakyat”. Demokratia sendiri terdiri dari dua kata yakni demos yang mempunyai arti “rakyat” dan kratos yang mempunyai arti “kekuasaan atau kekuatan”.

Demokrasi mencakup kondisi budaya, ekonomi dan sosial yang memungkinkan dalam terjadinya praktik kebebasan politik baik secara bebas ataupun setara.


slide_2

Gambar 1

Sumber : https://hidupsimpel.com/pengertian-demokrasi.


Perjalanan demokrasi di Indonesia yang begitu panjang tentu mengalami banyak cobaan. Namun kegigihan bangsa mampu melewati masalah-masalah demokrasi yang ada. Tak salah jika salah satu lembaga penelitian di Amerika bernama Freedom House mengumumkan bahwa Indonesia merupakan negara berkembang paling sukses dalam menjalankan sistem demokrasi.

Saat ini demokrasi Indonesia berjalan pada sebuah jaman baru, yaitu Era Digital. Era yang disebabkan oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat hampir dua dasawarsa ini. Tentu era digital ini mempengaruhi banyak bidang kehidupan, termasuk sistem demokrasi.

Menurut survey yang ditayangkan di Bloomberg TV Indonesia, menyatakan bahwa pengguna sosial media dan chatting platform di Indonesia, baik yang menggunakan Whatsapp, Line, Path, BBM, Instagram, Twitter, Facebook, dll mencapai 70 juta pengguna. Sangat besar ya?

Menarik bukan ? mari kita fahami materi ini secara terperinci pada pembelajaran Pkn XI 1.

Kompetensi

Kompetensi Dasar

3.2 Mengkreasikan sistem dan dinamika demokrasi Pancasila sesuai dengan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.2.1. menunjukkan hakikat demokrasi

3.2.2. membedakan dinamika penerapan demokrasi di Indonesia sesuai dengan UUD RI 1945

3.2.3. memberi contoh sikap yang membangun kehidupan demokratis di Indonesia.



«Glosarium      Daftar Isi      »Pembelajaran

Table of contents

previous page start next page