Pendahuluan

Kuis

Referensi

Tim

 

Rangkuman

 

Berdasarkan materi yang baru saja Anda pelajari, maka dapat disimpulkan bahwa:

  1. Asam merupakan senyawa yang jika dilarutkan dalam air dapat menghasilkan ion H+.
  2. Basa merupakan senyawa yang jika dilarutkan dalam air dapat menghasilkan ion OH-.
  3. Senyawa asam yang menghasilkan satu ion hidrogen per molekul disebut asam monoprotik, Senyawa asam yang menghasilkan dua ion hidrogen per molekul disebut asam diprotik, Senyawa asam yang menghasilkan tiga ion hidrogen per molekul disebut asam triprotik, dan Secara umum semua asam yang menghasilkan lebih dari satu ion hidrogen disebut asam poliprotik.
  4. Senyawa basa yang menghasilkan satu ion hidroksida per molekul disebut basa monoprotik, Senyawa basa yang menghasilkan dua ion hidroksida per molekul disebut basa diprotik, Senyawa basa yang menghasilkan tiga ion hidroksida per molekul disebut basa triprotik, dan Secara umum semua basa yang menghasilkan lebih dari satu ion hidroksida disebut basa poliprotik.
  5. Asam kuat merupakan senyawa asam yang terionisasi sempurna menghasilkan ion H+ dalam larutannya. Sedangkan asam lemah merupakan senyawa asam yang tidak terionisasi sempurna dalam larutannya.
  6. Basa kuat merupakan senyawa basa yang terionisasi sempurna menghasilkan ion OH- dalam larutannya. Sedangkan basa lemah merupakan senyawa basa yang tidak terionisasi sempurna dalam larutannya.